Proposal Usaha Baju Distro - 2019
KATA PENGANTAR
Puji dan syukur kami
panjatkan kepada Allah SWT karena atas rahmat dan keridhoannya, kami bisa
membuat suatu gagasan usaha yang Insya Allah akan bermanfaat bagi kami sebagai
pemilik usaha, dan umumnya masyarakat. Punianjung ialah nama yang kami buat
untuk kegiatan usaha ini, yang begerak di bidang produksi jamur tiram.
Kami sangat berterima
kasih kepada semua pihak yang telah mendukung, memberi saran, dan
masukan–masukannya untuk kelancaran usaha ini. Semoga amal kebaikan kita semua
dibalas oleh Allah SWT.
Penyusun menyadari
dalam penyusunan proposal ini masih banyak kekurangan dalam penyajiannya,
kritik dan saran yang membangun sangat diharapkan demi penyempurnaan di masa
yang akan datang.
Sigli,
04 Agustus 2019
Penyusun
BAB 1
PENDAHULUAN
A.
Latar
Belakang
Melihat peluang usaha
yang tinggi di Kota Sigli juga sebagai kota trend fashion dan semakin
berkembangnya serta semakin tingginya
kebutuhan masyarakat terhadap pelayanan yang berhubungan dengan kebutuhan
fashion, maka kami berinisiatif untuk membuka suatu usaha Clothingan yang
dimana produknya berdasarkan update-update fashion masa kini dan kami juga akan
menyediakan layanan pemesanan untuk para konsumen ( order ) sehingga konsumen
bisa menikmati hasil pesanannya sesuai keinginan.
Hingga saat ini sedikit
demi sedikit Clothingan di Sigli mulai bertambah, namun itu tidak menyurutkan
keinginan kami untuk membuka usaha clothing store dan membuat Yogya bukan hanya
menjadi Kota Pelajar dan Pariwisata, namun juga ingin menjadikan Sigli sebagai
Kota Fashion sehingga mampu menarik para turis domestik maupun mancanegara .
Sigli merupakan tempat
yang sangat bagus untuk pemasaran dan pengembangan bisnis clothingan. Hal itu
dikarenakan masyarakat yang mempunyai pola pikir yang sudah maju dan modern
dalam dunia fashion. Dengan bertambahnya kebutuhan masyarakat kami mencari
terobosan agar masyarakat dapat tertarik dengan produk buatan kami dan mencari
tahu apa yang diinginkan masyarakat di zaman modern ini dan melalui kreasi dan
keuletan kami dalam berkarya di luar bidang akademik yaitu Desain, maka fashion
pada masa kini bisa semakin berkembang dengan sangat cepat.
B.
Tujuan
Usaha
clothing store ini mempunyai tujuan yaitu sebagai berikut:
1.
Memberikan pengenalan
akan dunia fashion lewat usaha clothing.
2. Mengurangi
dampak pengangguran.
3. Mendapatkan
laba.
4. Menyediakan
kebutuhan fashion bagi masyarakat.
5. Memberikan
produk yang update mengenai fashion masa kini.
6. Menjalin
persahabatan antara pelanggan.
C.
Manfaat
Usaha
1.
Manfaat bagi diri sendiri antara lain:
-
Meningkatkan penghasilan dalam usaha
-
Meningkatkan kesejahteraan bagi diri sendiri
-
Membantu orang yang kurang mampu
2. Manfaat bagi orang lain
-
Untuk memberikan informasi mengenai produk terupdate
-
Memunculkan wirausaha yang terampil dan kreatif dalam memberikan suatu
gagasan / mutu / ide-ide usaha yang baik.
BAB II
INFORMASI UMUM
A. Nama
Usaha
Usaha
Cloting Store ini didirikan dengan Nama
Usaha Clothing Store “FAHMI
DISTRO”.
B. Lokasi
Usaha
Dalam mendirikan usaha
distro kami harus mencari tempat yang strategis, karena pada umumnya sebagian
konsumennya anak muda maka sebaiknya distro dibangun atau didirikan di tempat
yang biasa anak muda serring berkumpul. Dengan
cara ini tentu distro yang didirikan akan menarik perhatian anak muda tersebut
dan kemudian mengunjungi distro tersebut. Selain dengan cara tersebut, orang
banyak menggunakan internet untuk mempromosikan distronya.
Blog atau
situs pertemanan sering digunakan untuk memperknalkan distro yang mereka
dirikan kepada orang-orang. Selain itu mempromosikan melalui mulut ke mulut
juga cukup efektif. Apalagi distro merupakan tempat anak-anak muda berkumpul,
pasti mereka akan memberi tahu kepada temannya untuk mengunjungi distro
tersebut.
Lokasi yang saya incar adalah di
daerah yang ramai penduduk. Tempat yang strategis dan dekat dengan jalan raya,
sehingga pengunjung akan lebih mudah untuk mengunjungi distro kita. Sehingga
para konsumen dapat singgah untuk melihat produk-produk baru yang kita miliki.
Lokasi inilah yang membuka jalan kesuksesan dalam menjalankan usaha yang sedang
kita tekuni.
C. Pemilik Usaha
Usaha
Cloting Store ini sebagai Manager usaha sekaligus pemilik usaha yaitu:
Nama :
Alamat :
No. Telp :
No Rek :
D. Bentuk Usaha
Usaha
Cloting Store ini berbentuk Usaha milik
Sendiri / Perorangan, dan tidak memiliki kaitan dengan orang lain.
E. Bidang
Usaha
Usaha ini
membuka bidang usaha bisnis Distro.
BAB III
PENILAIAN TERHADAP
PASAR
A. Konsumen
yang dituju
1. Pelajar /
Mahasiswa
2. Masyarakat
sekitar
B. Jenis Usaha yang di buat
Usaha
Cloting Store ini membuat jenis produk:
1. Kaos.
2. Tas.
3. Topi
4. Jaket
C. Struktur Organisasi
Dengan semakin berkembangnya dan semakin tingginya
kebutuhan masyarakat terhadap pelayanan yang berhubungan dengan kebutuhan
fashion, maka kami berinisiatif untuk membuka suatu usaha distro yang up to
date dan mengerti akan kebutuhan masyarakat.
Kawasan yang tepat
dalam membangun sebuah usaha di karenakan tempatnya yang strategis juga sering
digunnakan tempat nongkrong anak muda, kami mengharapkan nantinya usaha kami
ini akan berkembang pesat dengan inovasi-inovasi yang selalu kami berikan untuk
produk kedepannya.
Usaha Distro ini berdiri atas keinginan kami yang
memiliki hobi dan kegemaran yang sama dalam bidang kewirausahaan, kami
mendirikan sebuah usaha distro yang dinamakan Fahmi Distro yang berdiri di kota
Pati, kota yang sedang gencar dalam melaksanakan pembangunan dan dengan tingkat
kesejahteraan warganya yang cukup tinggi serta kesadaran akan berpakaian yang
menarik di setiap warga kotanya.
BAB IV
RANCANGAN ANGGARAN BELANJA
A. Jenis Produk yang
ditawarkan
1. Kaos.
2. Tas.
3.Topi
4. Jaket.
B. Penetapan
Harga
Harga
yang akan dikenakan adalah harga yang diperkirakan akan terjangkau oleh
masyarakat sekitar. Adapun untuk
selanjutnya harga akan disesuaikan dengan perkembangan selanjutnya
.
C. Harga Jual Produk
Setelah
memperhitungkan dengan cukup matang , akhirnya kami tetapkan sebagai harga awal
berikut ini adalah tabel harga jasa produk yang ditawarkan.
D. Biaya Dasar
A. Biaya Dasar
|
||||
NO
|
NAMA BARANG
|
SATUAN
|
HARGA
|
JUMLAH
|
1
|
Rak Baju dan Display
|
1 Buah
|
3.000.000,-
|
3.000.000,-
|
B. Belanja Perlengkapan
|
||||
1
|
Kaos
|
2 PCS
|
70.000,-
|
1.680.000,-
|
2
|
Baju Kemeja
|
2 PCS
|
150.000,-
|
3.600.000,-
|
3
|
Celana
|
2 PCS
|
250.000,-
|
6.000.000,-
|
4
|
Tas
|
2 PCS
|
200.000,-
|
4.800.000,-
|
5
|
Topi
|
2 PCS
|
60.000,-
|
1.440.000,-
|
6
|
Jaket
|
2 PCS
|
190.000,-
|
4.560.000,-
|
Jumlah Total
|
25.080.000,-
|
BAB
IV
PENUTUP
Distro merupakan usaha penjualan
pakaian yang dapat digolongkan dalam fashion anak muda, usaha distro berpeluang
sangat besar dalam menembus pasar penjualan pakaian, karena sasaran usaha ini
adalah anak muda yang secara keseluruhan konsumtif. Pendirian usaha distro
adalah langkah awal usaha milik sendiri dengan modal yang tidak terlalu besar
namun sangat layak dalam segi keuntungannya, kelebihan usaha ini adalah pada
produknya yang tidak ada dipasaran umum, biasanya hal seperti ini yang dicari para
kaula muda, dengan demikian dapat ditarik kesimpulan bahwa usaha distro sangat
terasa keuntungan dan kepuasannya bak bagi produsen maupun konsumen.
Kelemahan usaha ini adalah system promosi dan
pemasaran yang harus dilakukan dengan sangat optimal, karena bukan tidak
mungkin perusahaan distro lama maupun distro baru bersaing dengan keadaan yang
lebih baik, persaingan usaha ini memang sangat ketat, namun sela peluang dengan
meganalisis hal yang menyebabkan konsumen itu puas serta didukung dengan aspek
manajemen yang jelas, menjadi spirit tersendiri kelangsungan operasional usaha
ini.
Kemungkinan
terjadinya kerugian memang ada, cara meminimalisisr resiko tersebut adalah
dengan memperlakukan usaha layaknya usaha besar, artinya walaupun usaha distro
ini usaha kecil, namun tujuan keuntungan dari usaha ini harus direncanakan
dengan matang dan dijalankan sesuai rencana.
Harapan saya
untuk Usaha Clothing Store “FAHMI DISTRO” ini ialah supaya produk ini bisa
lebih berkembang dan maju. Setelah melaksanakan usaha ini, kami dapat mengambil
kesimpulan :
1. Seorang pengusaha harus dapat mengetahui manfaat
apa usaha yang mereka akan
jual untuk
kepentingan orang banyak dan pribadi tanpa merugikan orang lain juga.
2. Sebelum
membuka usaha, seorang pengusaha harus mengetahui kebutuhan konsumen
tujuan dan sasaran yang akan dituju.
0 comments:
Post a Comment