News Center

KUMPULAN BERITA-BERITA CRYPTOCURRENCY TERUPDATE

Proposal Usaha Baju Distro - 2019

Artikel terkait : Proposal Usaha Baju Distro - 2019


KATA PENGANTAR

Puji dan syukur kami panjatkan kepada Allah SWT karena atas rahmat dan keridhoannya, kami bisa membuat suatu gagasan usaha yang Insya Allah akan bermanfaat bagi kami sebagai pemilik usaha, dan umumnya masyarakat. Punianjung ialah nama yang kami buat untuk kegiatan usaha ini, yang begerak di bidang produksi jamur tiram.
Kami sangat berterima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung, memberi saran, dan masukan–masukannya untuk kelancaran usaha ini. Semoga amal kebaikan kita semua dibalas oleh Allah SWT.
Penyusun menyadari dalam penyusunan proposal ini masih banyak kekurangan dalam penyajiannya, kritik dan saran yang membangun sangat diharapkan demi penyempurnaan di masa yang akan datang.




Sigli, 04 Agustus 2019


Penyusun




BAB 1
PENDAHULUAN

A.      Latar Belakang
Melihat peluang usaha yang tinggi di Kota Sigli juga sebagai kota trend fashion dan semakin berkembangnya serta  semakin tingginya kebutuhan masyarakat terhadap pelayanan yang berhubungan dengan kebutuhan fashion, maka kami berinisiatif untuk membuka suatu usaha Clothingan yang dimana produknya berdasarkan update-update fashion masa kini dan kami juga akan menyediakan layanan pemesanan untuk para konsumen ( order ) sehingga konsumen bisa menikmati hasil pesanannya sesuai keinginan.
Hingga saat ini sedikit demi sedikit Clothingan di Sigli mulai bertambah, namun itu tidak menyurutkan keinginan kami untuk membuka usaha clothing store dan membuat Yogya bukan hanya menjadi Kota Pelajar dan Pariwisata, namun juga ingin menjadikan Sigli sebagai Kota Fashion sehingga mampu menarik para turis domestik maupun mancanegara .
Sigli merupakan tempat yang sangat bagus untuk pemasaran dan pengembangan bisnis clothingan. Hal itu dikarenakan masyarakat yang mempunyai pola pikir yang sudah maju dan modern dalam dunia fashion. Dengan bertambahnya kebutuhan masyarakat kami mencari terobosan agar masyarakat dapat tertarik dengan produk buatan kami dan mencari tahu apa yang diinginkan masyarakat di zaman modern ini dan melalui kreasi dan keuletan kami dalam berkarya di luar bidang akademik yaitu Desain, maka fashion pada masa kini bisa semakin berkembang dengan sangat cepat.
B.       Tujuan
            Usaha clothing store ini mempunyai tujuan yaitu sebagai berikut:
1.      Memberikan pengenalan akan dunia fashion lewat usaha clothing.
2.      Mengurangi dampak pengangguran.
3.      Mendapatkan laba.
4.      Menyediakan kebutuhan fashion bagi masyarakat.
5.      Memberikan produk yang update mengenai fashion masa kini.
6.      Menjalin persahabatan antara pelanggan.
C.      Manfaat Usaha
1. Manfaat bagi diri sendiri antara lain:
- Meningkatkan penghasilan dalam usaha
- Meningkatkan kesejahteraan bagi diri sendiri
- Membantu orang yang kurang mampu
2.  Manfaat bagi orang lain
- Untuk memberikan informasi mengenai produk terupdate
- Memunculkan wirausaha yang terampil dan kreatif dalam memberikan suatu
   gagasan / mutu / ide-ide usaha yang baik.




BAB II
INFORMASI UMUM
A.    Nama Usaha
Usaha Cloting Store ini didirikan dengan Nama  Usaha Clothing Store “FAHMI DISTRO”.
B.   Lokasi Usaha
Dalam mendirikan usaha distro kami harus mencari tempat yang strategis, karena pada umumnya sebagian konsumennya anak muda maka sebaiknya distro dibangun atau didirikan di tempat yang biasa anak muda serring berkumpul. Dengan cara ini tentu distro yang didirikan akan menarik perhatian anak muda tersebut dan kemudian mengunjungi distro tersebut. Selain dengan cara tersebut, orang banyak menggunakan internet untuk mempromosikan distronya.
Blog atau situs pertemanan sering digunakan untuk memperknalkan distro yang mereka dirikan kepada orang-orang. Selain itu mempromosikan melalui mulut ke mulut juga cukup efektif. Apalagi distro merupakan tempat anak-anak muda berkumpul, pasti mereka akan memberi tahu kepada temannya untuk mengunjungi distro tersebut.
            Lokasi yang saya incar adalah di daerah yang ramai penduduk. Tempat yang strategis dan dekat dengan jalan raya, sehingga pengunjung akan lebih mudah untuk mengunjungi distro kita. Sehingga para konsumen dapat singgah untuk melihat produk-produk baru yang kita miliki. Lokasi inilah yang membuka jalan kesuksesan dalam menjalankan usaha yang sedang kita tekuni.
C. Pemilik Usaha
Usaha Cloting Store ini sebagai Manager usaha sekaligus pemilik usaha yaitu:
Nama                           :  
Alamat                         :  
No. Telp                      :  
No Rek                        :  

D. Bentuk Usaha
Usaha Cloting Store  ini berbentuk Usaha milik Sendiri / Perorangan, dan tidak memiliki kaitan dengan orang lain.
E.    Bidang Usaha
Usaha ini membuka bidang usaha bisnis Distro.




BAB III
PENILAIAN TERHADAP PASAR
A.  Konsumen yang dituju
1. Pelajar / Mahasiswa
2. Masyarakat sekitar
B. Jenis Usaha yang di buat
Usaha Cloting Store ini membuat jenis produk:
1. Kaos.
2. Tas.
3. Topi
4. Jaket
C. Struktur Organisasi

Dengan semakin berkembangnya dan semakin tingginya kebutuhan masyarakat terhadap pelayanan yang berhubungan dengan kebutuhan fashion, maka kami berinisiatif untuk membuka suatu usaha distro yang up to date dan mengerti akan kebutuhan masyarakat.

            Kawasan yang tepat dalam membangun sebuah usaha di karenakan tempatnya yang strategis juga sering digunnakan tempat nongkrong anak muda, kami mengharapkan nantinya usaha kami ini akan berkembang pesat dengan inovasi-inovasi yang selalu kami berikan untuk produk kedepannya.

Usaha Distro ini berdiri atas keinginan kami yang memiliki hobi dan kegemaran yang sama dalam bidang kewirausahaan, kami mendirikan sebuah usaha distro yang dinamakan Fahmi Distro yang berdiri di kota Pati, kota yang sedang gencar dalam melaksanakan pembangunan dan dengan tingkat kesejahteraan warganya yang cukup tinggi serta kesadaran akan berpakaian yang menarik di setiap warga kotanya.



BAB IV
RANCANGAN ANGGARAN BELANJA


A.    Jenis Produk yang ditawarkan
 1. Kaos.
 2. Tas.
3.Topi
4. Jaket.

B.     Penetapan Harga
Harga yang akan dikenakan adalah harga yang diperkirakan akan terjangkau oleh masyarakat sekitar. Adapun untuk selanjutnya harga akan disesuaikan dengan perkembangan selanjutnya
.
C.    Harga Jual  Produk
Setelah memperhitungkan dengan cukup matang , akhirnya kami tetapkan sebagai harga awal berikut ini adalah tabel harga jasa produk yang ditawarkan.

D.   Biaya Dasar

A. Biaya Dasar
NO
NAMA BARANG
SATUAN
HARGA
JUMLAH
1
Rak Baju dan Display
1 Buah
3.000.000,-
   3.000.000,-
B.  Belanja Perlengkapan
1
Kaos
2 PCS
     70.000,-
   1.680.000,-
2
Baju Kemeja
2 PCS
   150.000,-
   3.600.000,-
3
Celana
2 PCS
   250.000,-
   6.000.000,-
4
Tas
2 PCS
   200.000,-
   4.800.000,-
5
Topi
2 PCS
     60.000,-
   1.440.000,-
6
Jaket
2 PCS
   190.000,-
   4.560.000,-
Jumlah Total
 25.080.000,-

BAB IV
PENUTUP

            Distro merupakan usaha penjualan pakaian yang dapat digolongkan dalam fashion anak muda, usaha distro berpeluang sangat besar dalam menembus pasar penjualan pakaian, karena sasaran usaha ini adalah anak muda yang secara keseluruhan konsumtif. Pendirian usaha distro adalah langkah awal usaha milik sendiri dengan modal yang tidak terlalu besar namun sangat layak dalam segi keuntungannya, kelebihan usaha ini adalah pada produknya yang tidak ada dipasaran umum, biasanya hal seperti ini yang dicari para kaula muda, dengan demikian dapat ditarik kesimpulan bahwa usaha distro sangat terasa keuntungan dan kepuasannya bak bagi produsen maupun konsumen.

 Kelemahan usaha ini adalah system promosi dan pemasaran yang harus dilakukan dengan sangat optimal, karena bukan tidak mungkin perusahaan distro lama maupun distro baru bersaing dengan keadaan yang lebih baik, persaingan usaha ini memang sangat ketat, namun sela peluang dengan meganalisis hal yang menyebabkan konsumen itu puas serta didukung dengan aspek manajemen yang jelas, menjadi spirit tersendiri kelangsungan operasional usaha ini.

Kemungkinan terjadinya kerugian memang ada, cara meminimalisisr resiko tersebut adalah dengan memperlakukan usaha layaknya usaha besar, artinya walaupun usaha distro ini usaha kecil, namun tujuan keuntungan dari usaha ini harus direncanakan dengan matang dan dijalankan sesuai rencana.

Harapan saya untuk Usaha Clothing Store “FAHMI DISTROini ialah supaya produk ini bisa lebih berkembang dan maju. Setelah melaksanakan usaha ini, kami dapat mengambil kesimpulan :
1.  Seorang pengusaha harus dapat mengetahui manfaat apa usaha yang mereka akan
jual untuk kepentingan orang banyak dan pribadi tanpa merugikan orang lain juga.
2. Sebelum membuka usaha, seorang pengusaha harus mengetahui kebutuhan konsumen
     tujuan dan sasaran yang akan dituju.





Artikel News Center Lainnya :

0 comments:

Post a Comment

Copyright © 2015 News Center | Design by iskandar